Pages

Jumat, 28 Desember 2012

SDN Ambulu 01 – Masih Sekolah yang Terbaik

SDN Ambulu 01 – Masih Sekolah yang Terbaik

ikawawi.blogspot.com

52 SDN Ambulu 01   Masih Sekolah yang Terbaik 
ikawawi.blogspot.com
situstalenta.comSD Negeri Ambulu 01 membuktikan diri menjadi sekolah yang terbaik di kecamatan Ambulu. Bukan hanya dari sisi akademik, tapi juga dalam proses pembinaan talenta-talenta peserta didik di berbagai bidang non-akademik. Proses pembinaan multi talenta yang terbilang berhasil tersebut dapat dinikmati pada acara Lepas Pisah siswa-siswi Kelas VI yang digelar sejak pagi hingga malam hari pada 20/6 lalu di pelataran sekolah. Berbagai pertunjukan yang digelar dalam acara tersebut tidak sebagaimana layaknya tontonan anak-anak yang baru belajar, tapi sudah dikemas dengan begitu professional dan memiliki nilai jual. Tidak heran jika Kepala UPT Pendidikan Ambulu, Drs. Rahmatullah, MPd. menyempatkan diri untuk hadir, tidak hanya di pagi – siang hari, bahkan menikmati rangkaian pertunjukan yang digelar pada malam harinya. Rahmatullah juga berulangkali menyampaikan pujian, setiap kali panggung berganti pertunjukan. Seolah semua tontonan yang diusung anak-anak, tidak ada satupun yang tidak layak tampil.61 SDN Ambulu 01   Masih Sekolah yang Terbaik
ikawawi.blogspot.com “MCnya sudah seperti pembawa acara di televisi. Cara berimprovisasi dan membuat tema pembicaraan untuk disesuaikan dengan pertunjukan yang mau ditampilkan benar-benar seperti MC professional,” puji Kepala UPT Pendidikan Ambulu ini saat mengapresiasi tampilan lima anak yang bergantian memandu acara. Terlihat sekali jika Rahmatullah cukup puas melihat jalannya keseluruhan acara yang dipersembahkan oleh anak-anak SD Negeri Ambulu 01, sekolah yang diharapkan oleh Kepala UPT Pendidikan Ambulu ini kelak akan menjadi sekolah percontohan. Tidak hanya sekolah percontohan bagi sekolah-sekolah lain yang ada di kecamatan Ambulu, tapi juga dari kecamatan-kecamatan lain di kabupaten Jember.
ikawawi.blogspot.com             Acara lepas pisah itu sendiri memang digelar dengan sangat istimewah oleh SD Negeri Ambulu 01. Jauh lebih istimewah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut terlihat dari tertutupnya hampir seluruh halaman sekolah yang sangat luas dengan tenda yang sangat besar, serta ratusan kursi yang berjajar di depan panggung sepanjang lebih dari 12 meter. Dengan panggung yang cukup luas itulah, anak-anak dapat dengan leluasa menampilkan bakat dan kebolehan mereka.ikawawi.blogspot.comSANY0170 SDN Ambulu 01   Masih Sekolah yang Terbaik
ikawawi.blogspot.com Pada pagi hari, selain acara resmi Lepas Pisah, digelar pula tampilan Reog Ponorogo dengan atraksi Tari “Warok dan Jathil” yang dibawakan siswa-siswi kelas VI. Sebelum menunjukkan atraksinya di tempat acara, anak-anak tersebut terlebih dahulu berunjuk kebolehan di sepanjang jalan sejauh kurang lebih 2 Km. Tampilan menarik yang mendapat sambutan luar biasa dari undangan yang hadir ini, juga ditambah dengan pertunjukan teater yang cukup menguras air mata. Dengan penuh penghayatan, anak-anak yang masih sangat belia tersebut mampu menunjukkan olah karakter mereka di atas panggung. Selain itu, panggung juga diisi dengan beragam acara sebagaimana acara-acara lepas-pisah yang ada di sekolah-sekolah lain, seperti paduan suara, pidato dua bahasa, baca puisi, dan yang lainnya. Sementara pada malam hari, acara diisi khusus dengan rangkaian hiburan, mulai dari dari berbagai tari kontemporer dan tradisional, lagu-lagu karaoke, serta live music dari band anak-anak kelas VI.
            Acara yang sedemikian meriah tersebut menurut Kepala SD Negeri Ambulu 01, Sutarlan, SPd. semua diprakarsai oleh orang tua/wali murid plus komite, dan pihak sekolah hanya memfasilitasinya. Namun demikian, pihak sekolah tidak begitu saja lepas tangan, karena sebagian besar pertunjukan yang dihadirkan pada acara tersebut adalah hasil dari bimbingan guru-guru, terutama untuk tari dan band. Sedang untuk tampilan pertunjukan yang melibatkan pihak luar sebagai pelatih, saat latihan selalu didampingi oleh guru untuk melihat sejauh mana perkembangan hasil latihan anak-anak.
            “Kita memang berusaha memfasilitasi anak-anak yang memiliki bakat dan potensi di bidang non-akademik. Rupanya, niat baik sekolah mendapat sambutan yang positif dari orang tua/wali murid, sehingga mereka bukan hanya mendukung program-program yang diusung sekolah, bahkan tidak jarang justru mereka yang memiliki gagasan sekaligus merealisasikannya meski tanpa dukungan dana dari pihak sekolah. Sinergitas yang terbangun dengan baik antara pihak sekolah dengan wali murid inilah yang membuat anak-anak dapat menyajikan pertunjukan yang sedemikian luar biasa,” ungkap Sutarlan.
            Dengan melihat bervariasinya ragam pertunjukan yang ditampilkan anak-anak, kedepan Kepala SD Negeri Ambulu 01 ini akan berupaya untuk menambah kegiatan pengembangan diri, termasuk menambah sanggar-sanggar belajar. Pengembangan kegiatan ekstra seni tradisional termasuk kesenian Reog Ponorogo juga akan mendapat prioritas. Sementara untuk drumband, meski dari sisi finansial bagi lembaga tidak ada persoalan, namun karena pertimbangan kepentingan akademik, sampai dengan saat ini masih belum ada rencana dari pihak sekolah untuk menambah ekstra kurikuler drumband.
            “Karena drumband itu menguras cukup banyak tenaga, baik saat latihan apalagi saat pertunjukan, saya khawatir dapat mengganggu belajar anak-anak,” kata Sutarlan menyampaikan alasannya.
            Mengembangkan bakat dan potensi siswa di segala bidang, bagi Kepala Sekolah dan guru-guru SDN Ambulu 01 memang menjadi bagian dari tugas yang mereka emban. Namun demikian, keberhasilan di bidang akademik tetap menjadi prioritas utama. Itu sebabnya, dalam beberapa tahun terakhir, perolehan nilai UN yang diraih siswa-siswa sekolah ini senantiasa berada di urutan teratas, termasuk untuk tahun ini. Meski untuk nilai tertinggi perorangan diraih oleh siswa dari sekolah lain, namun untuk nilai rata-rata lembaga sekecamatan Ambulu masih diraih siswa-siswi SDN Ambulu 01 SD Negeri Ambulu 01.
ikawawi.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar