Pages

Senin, 17 Desember 2012

Gejala Alam di Indonesia dan Negara-Negara Tetangga


Gejala Alam di Indonesia dan Negara-Negara Tetangga 


A.  Gejala Alam di Indonesia
Secara geologis Indonesia dilalui oleh dua rangkaian pegunungan muda yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Kondisi tersebut menyebabkan Indonesia rawan terjadi bencana alam / peristiwa alam .
Bencana alam / Peristiwa Alam disebabkan oleh 2 faktor ; 
  1. Bencana Alam yang disebabkan oleh faktor alam misalnya, gunung meletus, gempa bumi, tsunami, angin  topan, dan banjir.
  2. Bencana Alam /  Peristiwa Alam yang disebabkan oleh faktor manusia misalnya, penebangan hutan secara liar, perladangan berpindah, membuang sampah atau limbah sembarangan, kegiatan  penambangan .  

                                                                                                   
        

    Macam-macam Gejala Alam / Peristiwa Alam yang terjadi di Indonesia;
      
    a.   Gunung Meletus





    Penyebab terjadinya gunung meletus adalah terjadinya gerakan magma yang ada di perut bumi dan keluar melalui permukaan bumi. Gunung berapi yang sering meletus di Indonesia antara lain , G. Kelud,  , G. Merapi, G. Gamalama, G. Agung, dll.



    b.   Gempa Bumi
            

             Penyebab terjadinya gempa bumi adalah adanya geteran atau guncangan yang terjadi karena pergeseran lapisan bumi yang berasal dari bawah permukaan bumi. Gempa bumi ada 3 macam ; 1. Gempa bumi Vulkanik ( disebabkan oleh aktivitas gunung berapi ) , 2. Gempa bumi tektonik ( disebabkan oleh pergeseran lempeng  bawah bumi. 3. Gempa terban ( disebabkan adanya runtuhan gua atau tanah ). Gempa bumi pernah melanda DI Yogyakarta pada pertengahan tahun 2006, gempa tersebut berkekuatan 5,9 skala richter. Kejadian tersebut menelan banyak korban jiwa dan harta benda.

    c.   Tsunami
               

            Penyebab tsunami adalah adanya gempa tektonik di daerah dekat atau dasar laut. Tsunami adalah gelombang yang sangat tinggi bisa mencapai 30m- 50m tergantung bentuk pantai dan kedalaman pantai. Tsunami paling dasyat menyerang Indonesia terjadi di Nangroe Aceh Darussalam dan Sumatra Utara , 26 Desember 2004 dengan kekuatan 8,9 skala richter dan memakan korban kurang lebih 120.000 jiwa.

    d.      Banjir

           
    Penyebab banjir adalah adanya curah hujan yang sangat tinggi di beberapa wilayah di Indonesia sehingga menyebabkan sungai-sungai meluap tidak mampu menampung air hujan. Banjir menyerang hamper seluruh wilayah di Indonesia terutama di daerah bantaran sungai seperti, DKI Jakarta.

    e.     Angin Topan
          
    Penyebab terjadinya angin topan adalah pergerakan udara yang sangat kencang. Tiupan angina topan mampu merobohkan berbagai bangunan dan menumbangkan pohon.



    f.        Tanah Longsor
       
    Longsor terjadi saat lapisan bumi paling atas dan berbatuan terlepas dari bagian utama gunung atau bukit.   Hal ini biasanya terjadi karena curah hujan yang sangat tinggi, gempa bumi, atau letusan gunung berapi. Longsor dapat terjadi karena patahan alami dan karena faktor cuaca pada tanah bebatuan. Longsor juga bisa disebabkan oleh factor manusia yaitu melakukan penebangan hutan secara liar.
    penambangan.       

0 komentar:

Poskan Komentar