Pages

Minggu, 20 Januari 2013

Toko Banyuangi Ambulu-Jember ludes terbakar

TOKO BANYUANGI AMBULU - JEMBER LUDES TERBAKAR

Puing-puing sisa kebakaran Toko elektronik ‘Banyuwangi’ Kecamatan Ambulu, yang Ludes di lalap si jago merah. (yn/wartajember.com)wartajember.com - Lengkap sudah musibah yang menimpa warga Jember diawal tahun ini. Hujan deras telah merendam beberapa desa. Seperti tak mau kalah bersaing, si Jago Merah juga telah meluluh lantakkan sebuah toko di Kecamatan Puger. Menyusul amukan si Jago Merah yang membakar Toko elektronik ‘Banyuwangi’, yang ada di Lokasi Pasar Ambulu. Walau tak ada korban jiwa, kerugian materi ditaksir mencapai Rp. 500 juta.
Walau begitu, upaya petugas PMK tak sia-sia, api segera bisa dijinakkan. Jika tidak, mungkin akan menjalar dan membekar toko-toko yang lain yang ada di Pasar Ambulu. Sebab lokasi toko yang terbakar itu berada di kawasan pasar.
Sedangkan kasus kebakaran inipun masih dalam penanganan aparat kepolisian. Pasalnya sampai api berhasil dipadamkan, apa yang menjadi penyebab kebakaran itu sendiri belum jelas. Dugaan sementara sumber api berawal dari hubungan pendek arus listrik yang ada.
‘’Kami belum bisa pastikan. Dugaan sementara, penyebab kebakaran ada pada hubungan pendek arus listrik,’’ kata AKP Sutarjo, Kapolsek Ambulu, ketika ditemui di lokasi kejadian.
Peristiwa kebakaran Toko Banyuwangi, Ambulu itu sendiri terjadi Kamis Malam (10/01/2011) sekitar pukul 22.30. Kejadian itu sendiri jelas menggegerkan warga, karena lokasi toko tersebut berada di jantung keramaian Kecamatan Ambulu. Bahkan kejadian tersebut juga membuat para penikmat kopi warung pangku yang ada di trotoar depan toko semburat.
Menurut Waras, salah seorang saksi mata di lokasi kejadian mengatakan, apa penyebab kebakaran itu sendiri juga tidak banyak orang yang tahu. Tiba-tiba api membesar keluar melalui sela pintu toko. Warga yang sebelumnya duduk santai pun kabur menyelamatkan diri. ‘’Sebelum kejadian, banyak orang di depan toko menikmati kopi di warung lesehan. Tapi mereka semua semburat ketika toko mengeluarkan api. Namun apa yang menjadi penyebab kebakaran kami tidak tahu,’’ katanya.
Senada dengan itu, Sutikno salah seorang tokoh masyarakat di Ambulu mengatakan, toko Banyuwangi itu berjumlah tiga. Lokasi toko satu dengan yang lain berdekatan. Dari tiga toko tersebut menjual barang yang berbeda.
Untuk yang selatan menjual alat disel. Kemudian yang tengah menjual alat elektronik dan yang paling utara menjual sepeda pancal. ‘’Dari tiga itu yang terbakar bagian tengah. Untung dua toko lainnya masih selamat. Termasuk barang yang ada di dalamnya masih utuh,’’ kata Sutikno lagi.
Sutikno menduga, munculnya api karena listrik yang konselt. Kemudian membakar seluruh barang elektronik yang ada di dalamnya. Terlebih malam kemarin, cuaca sangat cerah, sehingga mempercepat proses terbakarnya toko.
Titik api dari mana juga belum diketahui. Yang jelas menurut Sutikno, api diketahui sudah membesar dan membakar isi toko. Malam itu, Ridwan Ahmad, si pemilik toko juga tidak ada di tempat. Malam itu setelah tutup dia pulang ke rumahnya yang ada di Perum Manggar, Ambulu.
‘’Ketika api membesar, warga pun menggedor pintu. Mereka menyelamatkan barang yang ada. Namun hanya sebagian saja, sedangkan yang lain tidak bisa diselamatkan,’’ kata Sutikno.
Selain itu warga pun juga gotong royong mencoba memadamkan api. Sebab meraka takut,. Jika api itu menjalar ke toko yang lain. Sebab toko Banyuwangi yang terbakar itu berdekatan dengan toko-toko dan pasar.
Upaya warga itupun tampaknya tak membuahkasn hasil. Api kian membesar, sebagian yang lain menghubungi petugas pemadam kebakaran. Tak lama kemudian petugas datang memadamkan api.
Atas kebakaran tersebut, seluruh isi toko ludes terbakar. Kerugian ditaksir mencapai Rp. 500 jutaan. Sebab tak satupun barang dagangan yang selamat. Apalagi sore harinya, ratusan barang elektonik datang ke toko tersebut. ‘’Semua ikut terbakar. Pemiliknya sock dengan kejadian ini. Karena kerugian yang ditanggung sangat besar. Kulkas, mesin cuci, alat lain sangat banyak semua terbakar,’’ kata Katiran warga yang lainnya.

 Video Toko Banyuangi Ambulu-Jember di lalap si jago merah

0 komentar:

Posting Komentar