Pages

Jumat, 18 Januari 2013

Prosesi Pelepasan Guru Purnatugas (SDN AMBULU 01)

IMG 0327 Prosesi Pelepasan Guru Purnatugas

Prosesi Pelepasan Guru Purnatugas



situstalenta.com – Senin, 2 April 2012 pelataran SDN Ambulu 01 Jember diselimuti suasana haru. Upacara bendera yang rutin digelar, pagi itu terasa begitu cepat berlalu. Prosesi demi prosesi berjalan, hingga tiba saatnya pembina upacara menyampaikan sambutannya.
“Pagi ini dengan sangat berat kita semua terpaksa harus merelakan salah seorang Ibu guru yang kita cintai bersama, dan menjadi tauladan kita semua, karena harus memasuki masa purna tugas,” ungkap Kepala SDN Ambulu 01, Sutarlan, dengan nada yang berat.
Ibu Sunarmi yang telah mengabdi selama 35 tahun bagi dunia pendidikan, selama lebih dari separuh usianya mencerdaskan anak-anak bangsa, pada pagi hari ini untuk yang terakhir kalinya berdiri bersama kita,” tambah Sutarlan dilanjutkan dengan mengutip sedikit perjalanan karir dari Ibu guru yang akan menikmati masa-masa pensiun.
Usai Kepala Sekolah selaku pembina upacara memberikan sambutan, giliran Sunarmi untuk menyampaikan kalimat perpisahan. Tidak terlalu banyak yang diucapkan, seolah semua sudah terwakili oleh titik air mata yang meleleh membasahi pipinya.
“Saya hanya titip pesan. Belajarlah dengan giat, ciptakan prestasi, dan raih apa yang kalian cita-citakan. Jangan lupa untuk selalu menjaga nama baik SDN Ambulu 01,” pesan Sunarmi disusul dengan ajakan kepada semua peserta upacara untuk meneriakkan yel-yel SDN Ambulu 01.
Prosesi pelepasan guru purnatugas tersebut dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis tugas mengajar siswa kelas II dari Sunarmi ke Ike, serta penyerahan secara simbolis tanda mata dari Sunarmi bagi SDN Ambulu 01 yang diberikan kepada Kepala Sekolah.
IMG 0328 Prosesi Pelepasan Guru PurnatugasPerasaan haru masih terus berlanjut saat dibacakannya bait-bait puisi oleh salah satu siswa yang disusul dengan dilantunkannya lagu oleh kelomnpok paduan suara. Begitu mengharukannya suasana pada pagi hari itu, hingga sang dirigen tidak kuasa menahan tangisnya sembari terus mengatur ritme irama dari kelompok paduan suara.
Acara pelepasan guru purnatugas tersebut ditutup dengan prosesi jabat tangan yang dilakukan seluruh siswa SDN Ambulu 01, disusul dewan guru dan Kepala Sekolah dengan Sunarmi.
Sunarmi yang pagi itu melepaskan jabatannya sebagai guru, dilahirkan di Ambulu 18 Maret 1953. Karirnya diawali di SDN Klompangan 02 Jenggawah, selanjutnya mutasi ke SDN Ambulu 13, sebelum akhirnya pindah tugas ke SDN Ambulu 03. Saat SDN ambulu 03 dimerger dengan dua SD lainnya dan berganti nama menjadi SDN Ambulu 01, Sunarmi masih tetap bertugas di sekolah tersebut hingga akhir masa tugasnya.
Selamat jalan Ibu guru, jasamu akan terkenang selalu……..
IMG 0376 Prosesi Pelepasan Guru Purnatugas

0 komentar:

Posting Komentar